Tips Membeli Gitar Baru Atau Bekas

September 01, 2017
 Tips Membeli Gitar Baru Atau Bekas



Untuk penyuka musik dan tentunya yang mempunyai hobi bermain gitar, pastinya kalian tidak mau memilih dan membeli gitar sembarangan kan? Apa lagi untuk kelas perform di atas panggung, tentunya gitar yang akan kita mainkan harus selaras dengan apa yang kita harapkan. Yuk langsung saja kita pelajari bersam-sama mengenai Gitar. cekidot!

Oke sobat semua dari penjuru dunia :D pada kesempatan kali ini, saya ingin memberi tau kalian Tips Membeli Gitar Baru Atau Bekas. Memilih gitar yang bagus entah itu dari segi kualitas suara ataupun kualitas bahan kayu yang digunakan gitar tersebut  adalah salah satu faktor utama untuk kalian para pemula yang sedang belajar bermain gitar.

Kenapa ini dirasa penting? Penjelasan ini mungkin agak memakan kalimat demi kalimat yang agak panjang. Namun saya akan menyingkatnya atau memilih hal yang dirasa paling penting dalam hal memilih gitar baru atau bekas sebelum kalian membelinya.

"Jika kalian ingin berlatih atau ingin tau cara tuning / stem gitar ke drop D", kalian bisa membaca artikel yang ada di link bawah ini :

Baca Juga : Cara Tuning / Stem Gitar Drop D (Mudah) Untuk Pemula

Jika kalian sedang belajar bermain gitar, faktor utama yang harus kalian ingat adalah bagaimana kualitas suara gitar yang anda gunakan, terutama jika anda masih pemula, seperti saya. hehehe :) kenpa asuara begitu penting?

1. Jika kalian sedang belajar bermain gitar langkah pertama adalah kenali tangga nada pada gitar tersebut dengan cermat. Nah, karena itulah memelih gitar yang berkualitas bagus adalah kunci utama agar memudahkan anda untuk mengenali setiap tangga nada pada gitar.

2. Bayangkan jika anda bermain gitar yang memiliki kualitas sedang atau bahkan "jelek", pastinya anda akan merasa kesulitan pada saat mengenali tangga nada, terutama melatih tangan untuk berpindah dari chord yang satu ke chord yang lain.

3. Dari segi luar "bahan yang digunakan gitar tersebut". Bahan yang digunakan untuk membuat gitar adalah kunci untuk mendapatkan kualitas yang bagus, tak terkecuali segi suara yang dihasilkan.

Nah, 3 point diatas hanyalah sedikit awalan tips memilih gitar untuk pemula, jika anda sedang memulai belajar bermain gitar. Dan tentunya masih banyak cara untuk memilih gitar yang bagus. Lantas bagaiman cara lain untuk memilih gitar yang bagus? Ada beberapa faktor yang bisa kita cermati dalam memilih dan membeli gitar. Berikut adalah ciri-ciri dan tips memilih gitar yang bagus :

1. Lihat kelurusan Neck.
 
Neck adalah gagang gitar atau biasa orang bilang leheran gitar. Memang dari semua gitar yang diproduksi oleh pembuat gitar pasti melewati tahap Quality, namun tidak ada salahnya jika kita receck dan melihat kondisi neck pada gitar yang akan anda beli.

2. Pilihlah Frets yang tidak terlalu menonjol ke atas.
 
Jika gitar yang anda miliki mempunyai frets yang agak tinggi, coba kalian rasakan jika kalian bermain melodi atau bermain kunci # "kunci tegak" pasti akan terasa mengganjal pada saat kalian bermain giatr pada posisi tersebut. Namun jangan juga memilih frets yang terlalu pendek, karena frets yang terlalu pendek akan mempengarui suara pada gitar anda. Biasanya kalau frets yang terlalu pendek akan timbul suara yang tidak pas, atau mungkin seperti senar menempel ke frets yang lainnya.

3. point selanjutnya adalah memilih Saddie. Jika kalian masih asing dengan nama Saddie pada bagian-bagian gitar silahkan lihat gambar di bawah ini.

Jika kalian masih asing dengan nama Saddie pada bagian-bagian gitar silahkan lihat gambar di bawah ini.
Point ke-3 ini hampir sama dengan point ke-2, kita harus cermat atau bisa merasakan enak atau tidaknya jika gitar tersebut kita mainkan. Jika Saddie ini terlalu tinggi, mungkin untuk kalian yang sedang belajar melody akan merasa susah, karena Saddie yang tinggi akan meninggikan pula celah antara senar dengan Neck. Akan tetapi jika kalian memilih Saddie yang tingginya agak pendek atau anda merendahkan sendiri tinggi Saddie tersebut, giatar akan menghasilkan suara yang bergetar atau memantul, ini disebabkan senar menyentuk frets yang lainnya.

4. Point yang ke-4 adalah memilih kualitas bahan kayu ubtuk pembuatan gitar. Banyak yang bilang kalau kayu Mahogany lah yang kualitasnya paling bagus jika ingin digunakan untuk bahan membuat gitar. Belum tau apakah ada bahan kayu lain selain kayu Mahogany. Coba kalian tanya kepada para pembuat gitar atau produsen gitar yang berkualitas tinggi. :D

Nah itulah sedikit poin yang paling utama untuk memilih pada saat kalian ingin membeli gitar. Jika ada pertanyaan, kalian bisa tinggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah tersedia. Silahkan share jika artikel ini bermanfaat. Semoga artikel ini bisa membantu sobat-sobat calon gitarist hebat. :)

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar