2 Cara Memasang Iklan Adsense Ditengah Artikel

October 16, 2017
Hello guys, kalian suka menulis? kalian punya website/blog pribadi ataupun blog informasi untuk umum? Dan kalian sudah daftarkan website/blog anda ke Adsense agar bisa mendapat Rupiah? Jika semua itu sudah anda miliki namun anda masih bingung untuk meletakkan iklan dibagian mana pada website/blog anda? Memenglah ini menjadi PR untuk kita para penulis artikel ataupun untuk website yang kita kelola. Ketahuilah, pada umumnya yang saya ketahui ada 2 cara untuk memasang kode iklan di website/blog, yaitu dengan cara manual dan yang kedua dengan menambahkan script ke template website/blog anda.
Tentunya kedua cara tersebut memiliki perbedaan entah itu cara memasangnya, hasil peletakannya, dan terutama ini nih yang menjadi kegelisah para publisher yaitu besar kecilnya CPC (Cost Per Click). Perlu anda ketahui CPC besar ataupu kecil menurut saya tergantung valid atau tidaknya klik yang terjadi, dan penempatan iklan juga mempengaruhi besar kecilnya hasil yang kita dapatkan per 1 kliknya. Jika saya boleh membayangkan, jika ada 1 orang berkunjung ke website/blog anda, lalu pengunjung tersebut menemui iklan yang menggangu si pengunjung, bisa saja iklan tersebut mereka klik tanda (x) karena agak menggangu untuk pengunjung.

Lalu dimanakah tempat yang strategis untuk meletakkan iklan di dalam website atau blog?
  • Sebelum / sesudah judul atau juga anda bisa meletakannya disebelah kiri artikel pembuka anda anda.
  • Ditengah artikel (1 atau 2 iklan ditengah artikel)
  • Pada akhir artikel tetapnya pada penutup artikel yang anda sedang bahas.
  • Terakhir, pada sidebar kanan atau kiri pada website/blog anda.
Nah itulah tempat-tempat yang dirasa sangat strategis untuk meletakan iklan, terutama juga untuk memberi rasa nyaman pada pengunjung website/blog kita. Yaps masuk kebagian inti pembahasan yaitu cara memasang iklan ditengah artikel. Pada kalimat pembuka sudah sedikit saja sebutkan tadi mengenai cara memasang iklan ditengah artikel, yaitu dengan cara manual dan menambahkan csript ke template website/blog kita.

Adapun cara untuk memasang iklan ditengah artikel akan saya jelaskan pada kalimat demi kalimat dibawah ini :

Baca Juga : Situs-Situs Yang Dapat Membantu Anda Membuat Artikel Viral

1. Cara Pertama

ini adalah cara yang paling simple yang saya ketahui, cara untuk memasang iklan dengan cara ini adalah kita hanya mengambil kode iklan yang ingin anda tambahkan pada website/blog anda, kemudian copy kode/script iklan yang sudah kalian dapatkan. Langkah selanjutnya adalah masuk ke website/blog anda, sedikit saya contohkan bila menggunakan Blogger :

Masuk Blog anda > Pilih menu edit pada postingan anda > ganti Compose menjadi HTML > pasang kode iklan di postingan anda. Untuk lebih jelasnya anda bisa amati bacaan dibawah ini dan langsung mempraktikannya.

  • Siapkan dan copy kode/script iklan yang nantinya ingin anda gunakan.
  • Jika sudah, silakan masuk ke Website/Blog anda.
  • Pilih Edit Postingan yang ingin anda tambahkan iklan didalamnya
  • Ganti kode penulisan yang tadinya "Compose" menjadi "HTML"
  • Sebelum anda menambahkan kode/script iklan didalam postingan anda, parse terlebih dahulu kode/script iklan yang ingin anda gunakan.
  • Anda bisa menggunakan Tool Parse ini.
  • Jika sudah diparse, pasang atau tambahkan kode/script iklan anda pada postingan tersebut sesuai posisi yang anda inginkan.
  • Jika sudah anda bisa Simpan/Perbarui postingan anda.
  • SELESAI
Catatan : Anda bisa memberi celah 1 baris, supaya ada jarak antara iklan dan isi artikel yang anda bahas. Namun itu tidak perlu jika anda tidak menginginkannya.
    Kelemahan : Cara pertama ini adalah kita harus edit satu demi satu postingan kita, lalu nembahkan kode iklan didalam postingan.

    Keuntungan : Untuk anda yang terlalu sulit menggunakan atau mempraktikan cara yang kedua nanti, ini menjadi cara yang sangat mudah jika anda ingin menampilkan iklan ditengah postingan website/blog anda.

    2. Cara Kedua

    Cara yang kedua ini memang tak semudah cara pertama, namun jik menggunakan cara yang kedua ini hanya satu langkah dan langsung mengena kesemua postingan yang sudah ada ataupun postingan yang belum anda publikasikan.
    • Siapkan dan copy kode/script iklan yang nantinya akan kalian gunakan.
    • Jika sudah, silakan masuk ke Website/Blog anda.
    • Plih menu Tema pada bilah Navigasi kemudian klik atau masuk edit HTML.
    • Cari <data:post.body/> untuk mempermudah mencarinya anda bisa menggunakan CTRL + F jika sudah silahkan anda cari <data:post.body/> jika sudah menemukannya pilih salah satu. (biasanya terdapat 3-4 seperti kode tersebut tergantung Template yang anda gunakan) Pilih yang benar-benar menampilkan isi dari blog anda atau lebih tepatnya postingan anda.
    • Ganti kode <data:post.body/> tersebut dengan menggunakan kode yang ada dibawah ini :

    <div expr:id='"ads1" + data:post.id'></div>
    <div style="clear:both; margin:10px 0">
    **KODE/SCRIPT IKLAN ANDA YANG SUDAH ANDA PARSE**
    </div>
    <div expr:id='"ads2" + data:post.id'><data:post.body/></div>
    <script type="text/javascript">
    var obj1=document.getElementById("ads2<data:post.id/>");
    var obj0=document.getElementById("ads1<data:post.id/>");
    var s=obj1.innerHTML;
    var t=s.substr(0,s.length/2);
    var r=t.lastIndexOf(" ");
    if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}
    </script>
    •  Ganti tulisan **KODE/SCRIPT IKLAN ANDA YANG SUDAH ANDA PARSE** dengan kode/script iklan yang sudah anda parse atau anda bisa juga menggunakan mengguankan Tool Parse ini.
    •  Jika sudah dan menurut anda itu benar, silakan simpan dan lakukan uji coba.
    • SELESAI
    Catatan : Jika iklan tidak muncul, silakan tunggu beberapa saat. Atau coba cek kembali, apakah sudah benar atau belum. Jika ada sedikit kekeliruan biasa akan terjadi miss (iklan tidak akan muncul).

    Kelemahan : Menggunakan cara ini akan sedikit sulit untuk memasang script ini, entah itu faktor templat yang tidak mendukung atau salah pada penerapan kode/script.

    Keuntungan : Menggunakan cara ini termasuk menghemat waktu anda atau biusa dikatakan sedikit praktis karena hanya memasang satu kode/script tersebut lalu semua postingan akan menampilkan iklan tepat ditengah artikel secar otomatis.

    Yaps itulah salah satu cara untuk memasang iklan di tengah-tengah artikel/postingan. Jika berhasil, silakan share dan keteman-teman anda yang sedang membutuhkan. Jika dirasa masih sulit atau belum berhasil silahkan berkomentar dikolom yang sudah di sediakan, dan berkomentarlah dengan bijak dan tidak keluar dari pembahasan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

    Terima kasih atas kunjungan anda.

    "^_^"

    Share this :

    Previous
    Next Post »
    0 Komentar