Cara Mudah Tuning/Stem Gitar Drop D Dengan Benar / Untuk Pemula

April 12, 2017

Cara "Mudah " Tuning / Stem Gitar ke (Drop D) Untuk Pemula. 

Hallo guys, pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana sih cara yang mudah Tuning / Stem gitar ke Drop D. Walaupun sudah bisa bermain gitar, tapi saya rasa saya juga masih perlu banyak belajar, jadi pada post ini inti nya kita akan belajar bersama bagaimana sih cara tuning gitar ke drop D. Oke dah langsung saja, baca, pahami, dan tentu nya jika kurang paham bisa kalian liat atau tonton video yang ada di bawah nanti.

Buat kebanyakan kaum pria, siapa sih yang gak pengen bisa bermain gitar? tentu pengen kan? Apa lagi sampe bisa lihai. Bisa kita contohkan kalau dari local indonesia ada Mas Piyu "Padi", Andra dan masih banyak lg dan tentu nya masih banyak lagi yang tak pernah tersorot oleh media publik. Kalau kita membahas Gitaris hebat dari luar juga banyak banget sob, kalau saya sih paling nge-fans sama Synyster Gate (Gitaris Avenged Sevenfold) dan Slash (GNR).

Apa lagi yang pada ngefans nih sama Slipknot, Asking Alexandria, hehe (yang gua suka cuma lagu itu itu mulu) :D dan drop D juga mempunyai ciri khas yang menurut saya bagus (kalo suka genre hardcore/metal) yeaah HEADBANG atau menggangguk-anggukan kepala mengikuti irama yang di buat. Mantap jiwa banget sob.. :D


Mungkin cukup yaa kata pengantar dari saya, hehe.. Oke dah kita masuk bagian isi dari post ini. Cara "Mudah" tuning gitar ke Drop D. Tuning gitar atau biasa kita sebut dengan kata Stem gitar ke Drop D tergolong Tuning gitar yang cukup mudah, kenapa saya bisa berkata seperti itu? Karena Tuning Drop D hanya merubah nada 1 senar, yaitu senar paling atas / no.6. Dan masih banyak tuning gitar yang rumit-rumit.
      
Kalau Tuning dasar kan urutanya (E-B-G-D-A-E), tapi jika ingin memainkan gitar dengan Tuning Drop D, kita perlu merendahkan nada senar no.6 (nada E) turun ke (nada D) jadinya E-B-G-D-A-D. Oke lah kita langsung berangkat saja ketutorialnya :

1. Pertama siapkan gitar anda.
2. Lalu Tuninglah gitar anda ke Tuning / Stem-an dasar (nada dasar) yaitu, E-B-G-D-A-E.



3. jika sudah turunkan nada pada senar no.6 (nada E) ke (nada D) kurang kebihnya 90 derajat. (bisa ada selaraskan sendiri).
4. Cara menyelaraskanya ada 2 cara, yaitu :
  • Cara pertama, jika sudah kalian rendahkan, kalian tekan senar no.6 pada fret ke-7 dan samakan nadanya dengan senar no.5 (lepas) dengan cara petik secara bersamaan kedua senar tersebut. 
  • Cara kedua, hampir sama dengan cara pertama tapi hanya posisi menyelaraskanya yang berbeda, jika tadi kita tekan senar no.6 pada fret no.7, sekarang kita lepas dan petik senar no.6 dan no.4 secara bersamaan (tanpa menekan fret nomer berapapun/ lepas). Jika sudah selarah urutan nada yang terbentuk akan seperti ini

     
   

5.Jika sudah selaras anda bisa meyakinkanya dengan menggunakan aplikasi di android seperti, DaTuner atau apapun banyak banget di Playstore.


Saya kira cukup sharing / belajar bersama cara tuning drop D ini, bila ada pertanyaan, atau hal yang belum bisa teman-teman pahami, bisa berkomentar dibawah. Kritik dan saran sangat aku butuhkan untuk memperbagus  disetiap post aku. See you next time and next post. Thanks guys.

"^_^"

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar